Games level 11 hari ke 9

Bismillah...

Presentasi dari kelompok 9
Dengan tema : Mengenalkan Gender pada Anak di Usia Dini

RESUME
Dapat diambil kesimpulan bahwa gender itu tidak sama dengan sex (jenis kelamin) dimana masyarakat kita masih sering menganggap sama.
Sex lebih kepada perbedaan secara fisik antara wanita dan pria yg sifatnya menetap dari Tuhan.

Sementara gender lebih kepada peran dan fungsi antara perempuan dan laki-laki yang terbentuk di dalam masyarakat secara sosial atau budaya. Artinya tidak bersifat mutlak atau fleksibel. 

Berbicara fitrah seksualitas artinya berbicara tentang gender juga. Manusia memahami apa, mengapa dan bagaimana perannya dalam masyarakat sekaligus sebagai individu yang telah diciptakan oleh Tuhan dengan segala potensinya. 

Saat anak dikenalkan pada konsep gender, biasanya ia akan mengenali bagian tubuhnya. Perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Disini para ortu bisa memberitahu bahwa ia wajib melindungi bagian tubuhnya yang perlu dilindungi.
Kapan Waktu yang tepat mengenalkan pada anak?  Pada usia 15 bulan hingga 3 tahun adalah waktu yang tepat.
Lalu, bagaimana caranya?
Bisa dengan berbagai macam dan cara yang mudah seperti bermain peran, membaca buku sampai pada toilet training.

Dalam QS . Alhujarat ayat 13.  Dijelaskan yang dengan sangat jelas membahas tetang gender. Bahwa Tuhan memciptakan manusia berbeda bukan untuk dipertandingkan, namun untuk disandingkan agar saling menghargai, menghormati satu sama lain.

Ini lampiran materi power point nya : 














REVIEW
Kita sebagai orang tua sedini mungkin mengenalkan anak kita mulai dari nama, pakaian sesuai gender agar sesuai dengan fitrahnya sang anak. 

#Bundasayang
#Gameslevel11hari ke9
#Fitrahseksualitas




Komentar

Postingan populer dari blog ini

tatanama senyawa kimia

Jurnal minggu 3 telur orange

Game level 7 hari ke 10